Selasa, 15 Juli 2008

Jangan sungkan ucapkan "Terima Kasih" atau ucapan sejenis pada sahabat kita

Jangan sungkan ucapkan "Terima Kasih" pada sahabat kita

Arti sebuah persahabatan (brotherhood) tidak hanya diukur dari bagaimana kedekatan kita kepada sahabt/rekan/karib, oleh karenanya sebuah persahabat juga diperlukan rasa menghormati dan kepedulian yang lekat, ini menjadi sebuah dambaan. Tapi apa mau dikata, tidak jarang sebuah persahabatan (brotherhood) yang awalnya dipenuhi keakraban dan kemesraan harus berakhir dengan pertengkaran dan kebencian. Seringkali putusnya ikatan tali persahabatan (brotherhood) disebabkan karena tidak adanya rasa saling menghormati diantara mereka.
Sementara, berdasarkan sebuah penelitian terhadap persahabatan yang paling berbahagia, berhasil diungkap, rahasia kesuksesannya dalam menjalin dan mempertahankan arti sebuah persahabatan (brotherhood) bukan dilihat dari pemberian materi semata.

Hal-hal pantas menjadi panutan dalam sebuah persahabatan diantaranya adalah :
  1. Diskusikan secara sehat hal-hal yang menyangkut perbedaan, siapa tahu ada kesamaan pandang yang bisa dipersatukan.
  2. Bila tidak dapat, maka hargailah pendapat sahabat kita ini dengan tidak memaksa kehendak sendiri
  3. Sebuah persahabata bukan tidak mungkin mengalami masa-masa sulit dalam pertemanan, ketika mereka menemui ketidak sepahaman dalam memecahkan masalah. Namun, tetap jaga komitmen dan tujuan bersama dengan pikiran masing-masing agar dapat saling membantu
  4. Semakin tinggi frekuensi hubungan sebuah persahabat tentu akan menimbulkan diskusi dan dialog, sehingga ini dapat pula membuat hubungan menjadi lebih akrab.
  5. Ketika saling menukar cerita, pasangan tidak pernah saling menjatuhkan.
  6. Sebaliknya, ajang komunikasi tersebut dijadikan sarana untuk mengekspresikan rasa setia dan mempertebal komitmen serta memperkuat mereka sebagai sebuah Tim.
  7. Jika hal itu terlaksana dengan baik, niscaya masing-masing pihak akan merasakan keuntungan.
  8. Mampu memberikan penghargaan (tisak harus berupa materi)
  9. Bila terjadi perselisihan, anggap itu adalah sebuah hidangan pencuci mulut, yang nantinya bisa diredam dengan saling menghargai
  10. Sementara hubungan sebagai teman diibaratkan sebagai makanan utama yang harus dikonsumsi secara baik.
  11. Jangan sungkan dengan mengatakan "aku sangat menghagaimu”.
  12. Ucapakan ”Terimakasih” dengan tulus, tanpa pamrih.
  13. Hindari kalimat kotor atau kalimat yang bisa menimbulkan sakit hati.
  14. Tanggapi kesalahan mereka dengan rasa guyon, bukan cacian

Para ahli setuju bahwa kemampuan menghadapi konflik dalam mempertahankan keinginan masing-masing, dengan cara adu argumentasi juga sangat dibutuhkan untuk menciptakan hubungan yang baik.

Mengapa?

Karena pada dasarnya setiap persahabatan/pertemanan memiliki perbedaan. Jika perbedaan hanya dipendam, lama-kelamaan akan meracuni hubungan.
Ketika sahabat/teman kita ini sedang merasa kesal, dan mengumpat atau apapun kepada kita, jangan masukkan ke hati. Sebaiknya, berikan saja ucapan “Maaf, aku tidak tahu harus bagaimana, tapi yang jelas aku menghargaimu” Jangan pandang dia sedang mengkritik kita, pikirkan saja dia tengah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan di kantor atau ditempat dimana tadi Dia berada. Sikap seperti itu akan membuat dirinya menjadi lebih tenang.

Intinya: Jangan bosan mengucapkan "Terima Kasih" pada hal yang sekecil apapun. Ucapan terima kasih, adalah kalimat yang mempunyai pengaruh begitu besar. Kalimat itu membuat kita merasa lebih dihargai sehingga kita menjadi ingin melakukan empathi lebih pada orang yang mengucapkannya.
Meluangkan waktu bersama dalam suasana riang gembira sangat penting bagi sebuah persahabatan (brotherhood). Sama pentingnya dengan udara, air, atau makanan yang membuat manusia bertahan hidup.

Ditulis oleh:


thipluks@yahoo.com

Tidak ada komentar:

albaso.blogspot.com

Sedikit berbagi dan bercekerama, tidak ada maksud mendiskreditkan siapapun. Dengan tulus saya mohon maaf, jika ada kalimat yang dapat menyinggung pembaca.

Hormat saya
albaso

INDONESIA JAYA

INDONESIA JAYA
Indonesian Flag